RENCANA PROSES PEMBELAJARAN
(RPP)
1. Satuan Pendidikan : SMK Negeri 5 Padang
Mata Pelajaran : Mekanika Teknik
Jurusan/Prog. Keahlian: Bangunan/Teknik Konstruksi Bangunan
Kelas / Semester : 1 / 2
Jumlah Pertemuan : 1 kali
Waktu : 1 x 30 Menit
2. Standar Kompentensi :
Siswa dapat mengetahui pembagian dan jenis-jenis beban yang bekerja pada kostruksi.
3. Kompentensi Dasar :
Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis beban yang terjadi pada konstruksi.
4. Indikator Pencapaian Kompentensi :
· Siswa mampu memahami pembagian dan jenis-jenis beban yang bekerja pada konstruksi
· Siswa mampu menjelaskan bentuk dari pembebanan pada konstruksi.
5. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu memahami dan menjelaskan pembagian beban dan jenis-jenis beban yang bekerja pada konstruksi.
6. Materi Pelajaran :
Pada dasarnya pembebanan yang ditimbulkan akibat adanya gaya yang berkerja pada suatu struktur yang dapat mempengaruhi keseimbangan konstruksi bangunan.
Beban adalah segalah kekuatan yang berkerja pada suatu benda atau struktur yang dibedakan berdasarkan bentuk dan lamanya pembebanan. Berdasarkan bentuk beban seperti, beban titik, beban segitiga, beban trapezium, beban merata, dan kombinasi beban. Sedangkan berdasarkan lamanya pembebanan yaitu beban mati dan beban hidup.
7. Alokasi Waktu : 30 menit
8. Metode : Ceramah, Tanya Jawab/Diskusi, Latihan Soal.
9. Kegiatan Pembelajaran
No | Kegiatan | Metode Pembelajaran | Alokasi waktu | Media pembelajaran |
1. 2. 3. | Pendahuluan · Salam Pembuka · Membangkitkan Motivasi · Memusatkan Perhatian Peserta Didik · Apersepsi (mengingatkan kembali tentang pelajaran mingu lalu) Kegiatan Inti Pembealajar · Menjelaskan Pengertian pembagian dan jenis beban · Memberikan contoh gambar bentuk beban · Memberikan latihan Penutup · Menayakan komentar dan materi yang kurang dipahami · Memeriksa dan Mengumpulkan latihan dan Tugas · Tindak lanjut | - Ceramah - Tanya Jawab - Ceramah - Diskusi - Latihan Menutup Pelajaran | 5 menit 20 menit 5 menit | - papan tulis - spidol - handout - Papan Handout Papan tulis handout |
8. Evaluasi :
· Cari sumber bentuk beban lainnya dan jelaskan bagaimana cara kerja beban yang terdapat pada suatu konstruksi.
· Buatlah 5 pertanyaan untuk prtemuan selanjutnya tentang pembagian beban, jenis-jenis beban dan bentuk pembebana yang didapat dari sumber bacaan anda.
9. Sumber Belajar :
Buku Mekanika Teknik SMK
Bahan Ajar
Diketahui / disahkan
Kepala Sekolah Guru yang bersangkutan
(………………………) ( HADI PURWANTO)
NIP. NIM : 00535/2008
RENCANA PROSES PEMBELAJARAN
(RPP)
1. Satuan Pendidikan : SMK Negeri 5 Padang
Mata Pelajaran : Mekanika Teknik
Jurusan/Prog. Keahlian: Bangunan/Teknik Konstruksi Bangunan
Kelas / Semester : 1 / 2
Jumlah Pertemuan : 1 kali
Waktu : 1 x 30 Menit
2. Standar Kompentensi :
Siswa dapat memahami gaya dan momen yang bekerja pada tumpuan serta mampu melukiskan gaya dan yang bekerja.
3. Kompentensi Dasar :
Siswa dapat menghitung reaksi tumpuan terhadap gaya geser dan momen yang terjadi pada balok sederhana.
4. Indikator Pencapaian Kompentensi :
· Siswa mampu memahami gaya yang bekerja pada tumpuan.
· Siswa mampu menghitung dan melukiskan gaya dan momen.
5. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu memahami gaya-gaya dan momen yang bekerja pada tumpuan dan menghitung dan melukiskan diagram gaya dan momen yang berkerja .
6. Materi Pelajaran :
Gaya geser adalah gaya yang berkerrja tegak lurus terhadap sumbu memanjang batang. Gaya geser merupakan gaya-gaya dalam yang tidak kelihatan dan berkerja di dalam batang, namun pengaruhnya yang kelihatan, seperti gejale retak miring di sekitar tumpuan tersebut. Momen lentur ialah gaya lentur yang berkerja pada suatu batang.besarnya momen pada suatu titik sama dengan gaya dikali jarak terhadap titik tersebut. Momen dapat mengakibatkan perubahan bentuk pada penampang. Batang akan mengalami perubahan bentuk menjadi melengkung dan akhirnya patah atau hancur.
7. Alokasi Waktu : 30 menit
8. Metode : Ceramah, Tanya Jawab/Diskusi, Latihan Soal.
. Kegiatan Pembelajaran
No | Kegiatan | Metode Pembelajaran | Alokasi waktu | Media pembelajaran |
1. 2. 3. | Pendahuluan · Salam Pembuka · Membangkitkan Motivasi · Memusatkan Perhatian Peserta Didik · Apersepsi (mengingatkan kembali tentang pelajaran mingu lalu) Kegiatan Inti Pembealajar · Menjelaskan Pengertian gaya geser dan momen · Memberikan contoh perhitungan dan lukisan dari gaya dan momen. · Memberikan latihan dan tugas tentang materi yang diajarkan Penutup · Menayakan komentar dan materi yang kurang dipahami · Memeriksa dan Mengumpulkan latihan dan Tugas · Tindak lanjut | - Ceramah - Tanya Jawab - Ceramah - Diskusi - Latihan Menutup Pelajaran | 5 menit 20 menit 5 menit | - papan tulis - spidol - handout - Papan Handout Papan tulis handout |
8. Evaluasi :
Hitung dan lukiskan dari soal dibawah ini : 9. Sumber Belajar :
- Buku Mekanika Teknik SMK
- Bahan Ajar
Diketahui / disahkan
Kepala Sekolah Guru yang bersangkutan
(………………………) ( HADI PURWANTO)
NIP. NIM : 00535/2008
RENCANA PROSES PEMBELAJARAN
(RPP)
1. Satuan Pendidikan : SMK Negeri 5 Padang
Mata Pelajaran : Mekanika Teknik
Jurusan/Prog. Keahlian: Bangunan/Teknik Konstruksi Bangunan
Kelas / Semester : 1 / 2
Jumlah Pertemuan : 1 kali
Waktu : 1 x 30 Menit
2. Standar Kompentensi : Siswa dapat memahami beban titik yang bekerja pada tumpuan.
3. Kompentensi Dasar : Siswa dapat menghitung reaksi yang terjadi pada tumpuan.
4. Indikator Pencapaian Kompentensi :
1. Siswa mampu memahami beban titik yang bekerja pada tumpuan.
2. Siswa mampu menghitung reaksi pada tumpuan.
5. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu memahami beban titik yang bekerja pada tumpuan dan menghitung besarnya rekasi tumpuan sehingga hasilnya benar dan kontrol.
6. Materi Pelajaran :
Beban merupakan gaya yang bekerja pada suatu bidang atau tumpuan. Dimana beban dibagi menjadi 2 yaitu beban titik atau beban terpusat dan bebabn terbagi rata. Beban titik merupakan beban yang bekerja pada suatu penampang atau area, yang luas dari penampang yang dikenai relatif kecil.
Contoh : kolom, tekanan kaki meja, manusia yang berdiri pada suatu struktur dan lain-lain.
7. Alokasi Waktu : 30 menit
8. Metode : Ceramah, Tanya Jawab/Diskusi, Latihan Soal.
9. Kegiatan Pembelajaran
No | Kegiatan | Metode Pembelajaran | Alokasi waktu | Media pembelajaran |
1. 2. 3. | Pendahuluan · Salam Pembuka · Membangkitkan Motivasi · Memusatkan Perhatian Peserta Didik · Apersepsi (mengingatkan kembali tentang pelajaran mingu lalu) Kegiatan Inti Pembealajar · Menjelaskan Pengertian Beban titik. · Memberikan contoh perhitungan besarnya reaksi dari beban titik. · Memberikan latihan Penutup · Menayakan komentar dan materi yang kurang dipahami · Memeriksa dan Mengumpulkan latihan dan Tugas · Tindak lanjut | - Ceramah - Tanya Jawab - Ceramah - Diskusi - Latihan Menutup Pelajaran | 5 menit 20 menit 5 menit | - papan tulis - spidol - handout - Papan Handout Papan tulis handout |
8. Evaluasi :
Hitung reaksi tumpuan dari soal dibawah ini :
9. Sumber Belajar :
1. Buku Mekanika Teknik SMK
2. Bahan Ajar
Diketahui / disahkan
Kepala Sekolah Guru yang bersangkutan
(………………………) ( HADI PURWANTO)
NIP. NIM : 00535/2008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar