SILABUS
Nama Sekola : SMK Negeri 5 Padang
Program Studi : Teknik Konstruksi Bangunan
Kode Mata Pelajaran : ………….
Nama Mata Pelajaran : Mekanika Teknik
Standar kompetensi : Siswa memahami jenis-jenis beban yang bekerja pada tumpuan, menentukan besarnya reaksi dan aksi, serta menghitung besarnya gaya-gaya batang dengan metode ritter dan cremona.
Semester : 1
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
Siswa memahami pengertian tentang gaya yang bekerja pada tumpuan | 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian gaya. 2. Siswa dapat menjelaskan gaya-gaya pada tumpuan. | Pengertian gaya, dan Gaya pada tumpuan. | Ceramah, Diskusi | Latihan Soal | 60 menit | Buku, Bahan Ajar |
Siswa mampu melukiskan arah kerja gaya dan resultante gaya . | 1. Siswa dapat menjelaskan arah kerja gaya. 2. Siswa mampu melukiskan arah kerja gaya. 3. Siswa mampu menentukan resultante gaya. | Melukis Gaya Dan Menentukan Resultante Gaya | Ceramah, Diskusi dan Latihan Soal | Hasil Latihan Soal | 60 menit | Buku, Bahan Ajar |
Siswa Mampu Mengurai gaya dengan menggunakan metode penguraian gaya. | 1. Siswa dapat mengurai gaya terhadap sumbu X dan Y. 2. Siswa mampu mengurai gaya dengan dengan garis sembarangan. | Mengurai Gaya terhadap sumbu XY dan garis Sembarangan. | Ceramah, Diskusi dan Latihan Soal | Latihan Soal dan Tugas | 90 menit | Buku, Bahan Ajar |
Siswa mampu menjelaskan pembagian atau jenis-jenis beban. | 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian beban. 2. Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis beban. | Jenis-Jenis Beban | Ceramah, Diskusi | Latihan Soal dan Tugas | 60 menit | Buku, Bahan Ajar |
Siswa mampu menjelaskan pengertian dan cara kerja momen. | 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian momen. 2. Siswa dapat menjelaskan cara kerja momen. | Momen dan Cara Kerjanya | Ceramah, Diskusi | Tugas | 60 menit | Buku, Bahan Ajar |
Siswa mampu memahami jenis-jenis tumpuan, konstruksi dan beban. | 1. Siswa dapat mengetahui gaya-gaya yang bekerja pada tumpuan. 2. Siswa dapat menguasai proses kerja gaya lintang, gaya normal dan gaya momen. | Jenis-jenis tumpuan, konstruksi dan beban | Ceramah, Diskusi dan Latihan Soal | Hasil Latihan Soal dan Tugas | 60 menit | Buku, Bahan Ajar |
Siswa mampu memahami beban titik. | 1. Siswa dapat menyelesaikan perhitungan reaksi pada tiap-tiap tumpuan 2. Siswa dapat menyelesaikan perhitungan momen yang terjadi pada kostruksi sederhana 3. Siswa dapat menggambar an gaya Normal, gaya lintang dan gaya momen | Konstruksi sederhana | Ceramah, Diskusi dan Latihan Soal | Hasil Latihan Soal | 90 menit | Buku, Bahan Ajar |
UJIAN TENGAN SEMESTER | ||||||
Siswa mampu memahami beban terbagi merata segiempat. | 1. Siswa dapat menyelesaikan perhitungan reaksi dan momen akibat beban. 2. Siswa dapat menggambarkan gaya lintang dan gaya momen | Konstruksi sederhana | Ceramah, Diskusi dan Latihan Soal | Hasil Latihan Soal | 90 menit | Buku, Bahan Ajar |
Siswa mampu memahami beban terbagi merata segitiga | 1. Siswa dapat menyelesaikan perhitungan reaksi dan momen akibat beban 2. Siswa dapat menggambarkan gaya lintang dan gaya momen | Konstruksi sederhana | Ceramah, Diskusi dan Latihan Soal | Hasil Latihan Soal | 90 menit | Buku, Bahan Ajar |
Siswa mampu memahami cara kerja beban titik dan beban terbagi rata di lapangan. | 1. Siswa mampu menjelaskan cara kerja beban titik. 2. Siswa dapat menjelaskan contoh penempatan beban titik dan beban terbagi rata. | Konstruksi sederhana | Ceramah, Diskusi dan Latihan Soal | Hasil Latihan Soal | 100 menit | Buku, Bahan Ajar |
Siswa mampu memahami beban gabungan | 1. Siswa dapat menyelesaikan perhitungan reaksi dan momen akibat beban gabungan 2. Siswa dapat menggambarkan gaya lintang dan gaya momen | Konstruksi sederhana | Ceramah, Diskusi dan Latihan Soal | Hasil Latihan Soal | 100 menit | Buku, Bahan Ajar |
Siswa mampu memahami Konstruksi Cantilever. | 1. Siswa dapat menyelesaikan perhitungan pada konstruksi Cantilever 2. Siswa dapat menggambarkan gaya lintang dan gaya momen | Konstruksi sederhana | Ceramah, Diskusi dan Latihan Soal | Hasil Latihan Soal | 100 menit | Buku, Bahan Ajar |
Siswa mampu memahami konstruksi rangka batang : Metode Ritter | Siswa dapat menghitung gaya-gaya pada batang dengan menggunakan Metode Ritter | Konstruksi Rangka batang | Ceramah, Diskusi dan Latihan Soal | Hasil Latihan Soal | 100 menit | Buku, Bahan Ajar |
Siswa mampu memahami konstruksi rangka batang : Metode Cremona | Siswa dapat menghitung gaya-gaya pada batang dengan menggunakan Metode Cremona | Konstruksi Rangka batang | Ceramah, Diskusi dan Latihan Soal | Hasil Latihan Soal | 100 menit | Buku, Bahan Ajar |
UJIAN AKHIR SEMESTER |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar